Home | Skincare | Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya
Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya

Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya

Artikel Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya diterbitkan oleh pada August 4, 2018 dalam kategori Skincare . Konten ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti atas saran atau rujukan yang diberikan oleh pekerja profesional. Para pembaca konten dengan judul Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya, diharapkan tidak hanya bergantung secara eksklusif pada informasi Beragai Jensi Jerawat Dan Cara Menghilangkannya ini saja untuk kebutuhan setiap individu.

Apa Itu Jerawat? Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering muncul khusunya di bagian muka, berbentuk benjolan-benjolan kecil dan bintik bintik. Jerwata merupakan salah satu permaslahan kulit yang sangat menjengkelkan untuk itu beberpa orang banyak yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Dan setelah jerawat hilang, bekas jerawat tersebut masih meninggalkan bekas yang juga cukup sulit untuk dihilangkan.

Jenis-Jenis Jerawat Yang Paling Banyak Di Alami

1. Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini memiliki ukuran sedang, dan biasanya jerawat ini muncul dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun jerawat ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang lumayan, dan dapat mengganggu penampilan.

2. Jerawat Pasir

Dari sekian banyak jenis jerawat, jerawat pasirlah yang ukurannya paling imut. Meskipun demikian, jerawat ini biasanya datang dalam jumlah banyak. Jadi ciri dari jerawat pasir ini adalah, kecil dan banyak.

3. Jerawat Batu

Dari semua jenis jerawat, jenis inilah yang ukurannya paling besar dan menakutkan. Disebut jerawat batu, karena memiliki warna hitam dan besar seperti batu. Selain itu, jerawat ini menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu.

Penyebab Jerawat

Munculnya jerawat disebabkan oleh adanya produksi minyak berlebih, kotoran dan bakteri yang terjebak dalam pori-pori kulit. Sehingga terjadi pembengkakan berisi nanah pada folikel rambut di kulit. Pembengkakan itulah yang selama ini kita sebut jerawat.

Tapi tenang setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

1. Menggunakan Tomat.

Buah tomat merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, selain dikonsumsi, tomat bisa diubah menjadi penangkal alami jerawat dan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.
Untuk cara penggunannya pun cukup mudah, pertama potong secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian muka yang timbul jerawat bisa juga dengan diusap-usap pada daerah jerawat tersebut lalu biarkan selama kurang lebih seperempat jam dengan cara terus-menerus mengusap-usapkannya, selain itu tomat alami ini bisa digunakan untuk mencegah jerawat timbul kembali dengan cara mengusap-usapnya pada bagian bekas jerawat yang telah hilang. cara menghilangkan bekas jerawat

2. Menggunakan Jeruk Nipis.

Salah satu jenis jeruk ini sangat memiliki banyak kegunaan diantaranya bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, wanginya bisa digunakan sebagai campuran ketika cuci tangan dan juga bisa menurunkan kadar minyak pada kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih cerah dan tidak berjerawat.
Untuk cara penggunaannya, pertama peras jeruk nipis namun tentu saja sebelum itu jeruk nipis harus dipotong terlebih dahulu, kemudian perasan tersebut dioleskan pada seluruh bagian kulit wajah hal ini berfungsi untuk memberikan efek cerah pada wajah lalu biarkan meresap selama kurang lebih setengah jam. Jika digunakan hanya untuk menghilangkan jerawat Anda bisa menggunakannya pada bagian yang hanya berjerawat saja dan biarkan meresap hingga kurang lebih setengah jam. Cara ini bisa digunakan secara teratur sehingga kulit wajah akan menjadi lebih carah.

3. Menggunakan Lemon.

Salah satu jeruk yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat lainnya adalah lemon, buah lemon ini sangat baik untuk membantu jerawat agar lebih cepat kering ini dikarenakan lemon memiliki banyak kandungan vitamin C. Bila menggunakan lemon haruslah menggunakan lemon yang segar dan bukan lemon yang di wadahi dalam kaleng karena lemon tersebut memiliki bahan tambahan zat. Cara menggunakan lemon ini adalah dengan menggunakan sari lemon pada bagian jerawat dengan menggunakan kain lembut sesaat sebelum tidur bila ingin menggunakan tambahan bahan lain bisa juga menambahkan kayu manis.

4. Menggunakan Masker Pepaya.

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan juga plek hitam adalah dengan menggunakan masker pepaya, mungkin Anda sudah begitu mengenal masker, biasanya banyak orang yang menggunakan masker kemasan yang sudah siap untuk langsung digunakan, tetapi sebenarnya penggunaan masker lebih dianjurkan yang komposisinya terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satunya adalah masker pepaya yang sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah Anda dan yang paling penting bahwa masker pepaya ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam akibat jerawat bahkan bisa juga menghilangkan jerawatnya.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, Anda tinggal mengunakan pepaya yang sudah dihaluskan sebelumnya sehingga bisa digunakan untuk masker tanpa membubuhkan apapun pada tumbukan pepaya yang telah Anda buat tersebut. Kemudian gunakan sebagai masker gunakan secara merata pada kulit wajah, biarkan dulu sekitar seperempat jam kemudian setelah itu anda bisa membasuh muka Anda dengan menggunakan air hangat sampai bersih, jika cocok cara ini bisa digunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Madu.

Selain dari buah-buahan, madu juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh termasuk juga kulit. Madu bisa digunakan sebagai obat jerawat khususnya pada jerawat batu. Madu bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas jerawat dan bisa juga dicampur dengan putih telur. Caranya, pertama siapkan madu dan juga putih telur, setelah itu campurkan kedua bahan tersebut sehingga tercampur dan menjadi satu dengan takaran setengah sendok madu dengan setengah butir putih telur setelah keduanya dicampur Anda bisa menggunakannya pada wajah anda.

6. Menggunakan Bawang Putih.

Salah satu cara menghilangkan jerawat menggunakan cara alami lainnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Tak hanya digunakan sebagai rempah masakan saja, bawang putih memiliki manfaat lain yang cukup baik bagi kesehatan tubuh, karena bawang putih memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi. Anti-oksidan digunakan oleh tubuh untuk mengembalikan kesehatan kulit, dan bawang putih bisa memenuhi kebutuhan ini.Kandungan ini membuat bawang putih diyakini bisa mengobati jerawat dengan cara menangani berbagai bakteri penyebab jerawat tersebut.
Cara penggunaanya sebagai penghilang jerawat cukup mudah, yakni dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih kemudian dioleskan pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 10 – 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Selain dioleskan pada bagian luar kulit, bawang putih juga bisa dikonsumsi setiap harinya sebagai obat dengan cara dikonsumsi.

7. Menggunakan Putih Telur.

Biasanya putih telur digunakan sebagai bahan untuk mengencangkan kulit wajah, namun putih telur juga ternyata bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat sekaligus mengecilkan pori-pori.

Cara penggunaanya cukup mudah yakni dengan menggunakan putih telur sebagai masker kemudian bisa digunakan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Lalu diamkan semalam dan bilas ke-esokan harinya hingga bersih. Hasilnya cukup signifikan jika dilakukan dengan baik dan benar.

8. Menggunakan Minyak Zaitun.

Olive oil atau banyak orang mengenalnya dengan sebutan minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak zaitun memiliki kandungan polypenol yang bisa membantu dalam meregenerasi kulit. Selain itu membantu dalam mencegah dan mengilangkan bekas luka sisa-sisa jerawat.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi jerawat yaitu dengan membuat scrub dai minyak zaitun, lalu mencampurkan garam laun secukupnya kemudian aduk hingga merata. Langkah selanjutnya yaitu, membersihkan wajah dengan air, lalu keringkan menggunakan handuk. Ketika wajah masih lembab, oleskan campuran minyak zaitun tadi pada bagian wajah hingga merata, biarkan untuk beberapa saat 2-4 menit agar scrub bisa meresap lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, keringkan bagian kulit wajah dan oleskan lagi sedikit minyak zaitun pada bagian wajah. Lalu pijatkan dengan lembut hingga meresap.

9. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya (aloe vera) ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga akan nyaman saat kita gunakan untuk melakukan perawatan kulit.Alasan lain mengapa gel lidah buaya baik digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah, karena gel lidah buaya bersifat anti-bakterial dan anti inflamasi yang dapat mencegah kemerahan dan pembengkakan di kulit.
Untuk kamu yang kulitnya tidak sensitif, kamu bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan lain seperti jeruk nipis, tomat ataupun bawang putih. Tapi jika kulit kamu sensitif, gel lidah buaya saja sudah cukup.

10. Menggunakan Bengkuang

Saya yakin sobat pernah lihat iklan suatu produk kosmetik yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utama alat kecantikan tersebut. Itu karena bengkuang memang sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit, entah itu kulit wajah ataupun kulit tangan dan kaki. Namun tahukah anda, ternyata bengkuang juga mempunyai manfaat lain, yaitu bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat diwajah.

11. Menggunakan Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi, dapat mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun mengandung zat seperti : Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang juga baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa Tips Penting Sebelum Melakukan Perawatan

1. Cuci tangan Anda secara menyeluruh sebelum menggunakan salah satu perawatan, terutama mereka yang memerlukan kontak langsung antara tangan dan wajah Anda. Ini akan meminimalkan penyebaran kotoran dan bakteri.

2. Pilih salah satu jenis perawatan diatas.

3. Gunakan beberapa kali perawatan pada waktu untuk setidaknya 1 minggu untuk mengetahui seberapa efektif mereka berada pada kulit Anda. Jangan gunakan terlalu banyak perawatan pada waktu yang sama.

4. Makan diet seimbang dan memastikan bahwa Anda mengambil makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan selenium.

5. Jangan berkecil hati jika jerawat tidak lenyap dalam semalam. Dengan setiap perlakuan, Anda pasti akan melihat peningkatan kondisi kulit Anda.

TIPS MENCEGAH MUNCULNYA JERAWAT

1. Tidur yang cukup
2. Mencuci wajah minimal 2 kali sehari
3. Perbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur
4. Perbanyak minum air putih
5. Kurangi konsumsi gula berleih
6. Hindari stress

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Semoga Artikel ini Bermanfaat.

About Hety Ira Susanti

Seorang ibu rumah tangga yang punya hobi nulis di blog :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*