Home | Manfaat Buah | Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel
Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel

Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel

Artikel Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel diterbitkan oleh pada May 20, 2018 dalam kategori Manfaat Buah . Konten ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti atas saran atau rujukan yang diberikan oleh pekerja profesional. Para pembaca konten dengan judul Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel, diharapkan tidak hanya bergantung secara eksklusif pada informasi Inilah Beberapa Khasiat Dari Cuka Apel ini saja untuk kebutuhan setiap individu.

Buah apel terkenal memiliki banyak vitamin dan manfaat nya sangat bagus untuk kesehtan. Selain bermanfaat buah apel juga bisa dijadikan cuka apel. Salah satu manfaat cuka apel yaitu dapat digunakan sebagai penambah rasa asam alami pada masakan. Cuka apel juga kerap digunakan untuk mengawetkan makanan seperti sayur, daging, dan juga acar. Selain itu ada beberapa manfaat lain dari cuka apel, apa saja manfaatnya? berikut beberapa khasiat cuka apel.

Cuka Apel Memiliki Kandungan Asam Asetat yang Tinggi

Cuka apel diolah melalui dua tahap, pertama berhubungan dengan pembentukan alkohol, yaitu mengeluarkan gula buah dan mengubahnya menjadi alkohol dengan bantuan ragi. Langkah kedua, penambahan bakteri ke dalam larutan alkohol sehingga menjadi asam asetat yang merupakan komponen aktif dalam cuka apel. Cuka apel hanya mengandung 3 kalori per sdm, dimana kandungan ini sangat rendah. Tidak banyak vitamin atau mineral yang terkandung di dalamnya, tetapi cuka apel mengandung beberapa asam amino dan antioksidan.

Asam Asetat merupakan Antimikroba dan Baik bagi Pencernaan

Cuka apel dapat membantu membunuh bakteri patogen yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan. Cuka telah digunakan sebagai pengawet makanan, dan studi menunjukkan bahwa tersebut dapat menghambat pembentukan bakteri (seperti E. coli) .

Cuka Apel dapat Menurunkan Level Gula Darah, dimana Hal ini Sangat Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Diabetes tipe 2 ditandai dengan gula darah yang tinggi, baik dalam konteks resistensi insulin maupun ketidakmampuan untuk memproduksi insulin. Namun, gula darah tinggi juga dapat menjadi masalah pada orang yang tidak menderita diabetes. Gula darah diyakini menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis. Jadi, dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil, Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Cara yang paling efektif (dan sehat) untuk mempertahankan kadar gula darah tetap stabil adalah dengan menghindari makanan olahan dan gula tambahan.

Apple cider vinegar memainkan peran dalam regulasi respon insulin ketika mengonsumsi makanan tinggi pati, karena memiliki efek anti-glikemik. Ketika Anda makan makanan tinggi pati, tubuhmu akan memecahnya menjadi gula sederhana yang digunakan sebagai energi. Di sisi lain pankreas akan merespon dengan mengeluarkan hormon insulin untuk mengatasi gula berlebih pada aliran darah. Penurunan gula darah secara tiba-tiba membuat otak menganggap bahwa Anda lapar, padahal Anda sudah cukup kalori. Apple cider vinegar dapat membantu memperlambat respon insulin ini, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Cuka Apel dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Cuka apel ternyata juga dapat membantu program diet Anda, karena dapat membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan pectin pada cuka apel lah yang dapat mempercepat terjadinya pembakaran lemak.

Mengkonsumsi cuka apel juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga asupan kalori akan berkurang dan mencegah terjadinya penumpukan kalori di dalam tubuh. Dengan manfaat dari cuka apel tersebut, maka akan memberikan efek positif pada program diet yang Anda lakukan. Namun tetap saja, Anda membutuhkan olahraga dan mengontrol porsi asupan Anda.

Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Penyakit kardiovaskular (penyakit jantunng dan stroke) merupakan penyebab utama kematian di dunia. Seperti yang diketahui, beberapa faktor biologis berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular ini. Bebererapa faktor tersebut telah terbukti dapat diturunkan dengan konsumsi cuka apel.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Life Science menjelaskan bahwa konsumsi cuka apel selama 8 minggu dapat secara signifikan dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida pada orang yang menderita hiperlipidemia. Cuka apel juga mengandung asam chlorogenic, yang telah terbukti dapat melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, sehingga menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa cuka mengurangi tekanan darah.

Cuka Apel Dapat Membantu Melawan Kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka dapat membunuh sel kanker dan tumor. Namun, semua studi tentang hal ini dilakukan pada sel terisolasi dalam tabung reaksi, atau tikus, sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Cuka Apel Dapat Membantu Mengatasi Batu Empedu

Cuka apel dapat membantu mengatasi batu empedu. Kandungan asam malat yang terdapat di dalamnya membantu membuat batu empedu menjadi lembek dan mencegah terbentuknya kolesterol yang merupakan pemicu terjadinya batu kolesterol di kandung empedu

Tips Mengonsumsi Cuka Apel

Jangan minum cuka apel secara langsung, karena sangat asam dan tidak baik untuk gigi dan espfagus Anda. Selain itu juga jangan di konsumsi terlalu banyak. Cukup dengan melarutkan 1-2 sdm apel cuka dengan satu gelas besar air dan mengonsumsinya di sela waktu makan Anda.

Demikian artikel mengenai beberpa khasiat buah apel.

About Hety Ira Susanti

Seorang ibu rumah tangga yang punya hobi nulis di blog :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*