Home | General | Makan Mandoan Dicocol Sama Sambal kecap Mantap
Makan Mandoan Dicocol Sama  Sambal kecap Mantap

Makan Mandoan Dicocol Sama Sambal kecap Mantap

Artikel Makan Mandoan Dicocol Sama Sambal kecap Mantap diterbitkan oleh pada February 21, 2018 dalam kategori General . Konten ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti atas saran atau rujukan yang diberikan oleh pekerja profesional. Para pembaca konten dengan judul Makan Mandoan Dicocol Sama Sambal kecap Mantap, diharapkan tidak hanya bergantung secara eksklusif pada informasi Makan Mandoan Dicocol Sama Sambal kecap Mantap ini saja untuk kebutuhan setiap individu.

Hujan-huajn gini enaknya makan tempe mendoan .dimakan hangat -hangat dicocolkan sama sambal kecap  ,apa itu mendoan pasti kalian panasaran ya ?mondan  yang terbuat dari balutan terigu sama tempe lalu goreng sama minyak panas .

Mendoan ini ialah camilan tradisional tempe yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Kata “mendo” berarti setengah matang. Sehingga nama dari makanan ini sudah menunjukkan bahwa proses menggorengnya hanya sebentar saja asal adonan tepungnya beku dan tidak sampai kering.

Tempe yang digunakan untuk mendoan agak berbeda dengan tempe biasanya. Tempe mendoan memiliki ukuran 20 x 10 cm dan dibungkus satu per satu. Atau dibuat khusus untuk mendoan. Sebelum dimasukkan dalam bahan pencelup, tempe terlebih dahulu diberi bumbu sederhana yaitu bawang putih, ketumbar dan garam yang dihaluskan.

Karena proses menggorengnya hanya sebentar sekitar 5-6 detik saja. Sehingga lapisan tepung pada irisan tempe ini memiliki tekstur agak basah alias tidak garing. Tekstur tempenya pun empuk dengan sensasi rasa gurih. Untuk adonannya berupa campuran dari tepung terigu, tepung beras dan irisan daun bawang.

Mendoan paling enak dinikmati hangat-hangat. Dicocol dengan sambal kecap dengan irisan cabai rawit hijau.

Ngemil Tempe Mendoan Hangat dengan Cocolan Sambal Kecap, Enak Nih

Dan pada tahun 2015, Banyumas juga pernah mengadakan Festival mendoan yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dalam festival ini ada 10 ribu tempe mendoan yang dimasak dan dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Tak hanya warga Banyumas, di Jakarta pun ada banyak sekali penjaja tempe mendoan yang punya banyak pelanggan.

About Hety Ira Susanti

Seorang ibu rumah tangga yang punya hobi nulis di blog :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>