Home | General | Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot
Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot

Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot

Artikel Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot diterbitkan oleh pada January 3, 2018 dalam kategori General . Konten ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti atas saran atau rujukan yang diberikan oleh pekerja profesional. Para pembaca konten dengan judul Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot, diharapkan tidak hanya bergantung secara eksklusif pada informasi Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya Bagi Kesehatan Otot ini saja untuk kebutuhan setiap individu.

0Sebelum makan buah apel, seringkali Anda mengupas kulitnya hingga bersih bukan? Jika ya, ubah kebiasaan tersebut. Studi ungkap kulit apel jika dikonsumsi bisa bermanfaat bagi kesehatan otot lho.

Ya, studi mengungkapkan bahwa ada senyawa alami dalam kulit apel yang terbukti dapat mencegah atrofi otot yang disebabkan oleh faktor usia dan aktivitas. manfaat apel

Kulit apel bisa meningkatkan massa otot hingga 15 persen. Meski otot membesar, berat badan secara keseluruhan tidak bertambah karena kulit apel juga membakar 50 persen lemak jahat dalam tubuh.

Senyawa yang disebut dengan asam ursolat ini merupakan salah satu dari dua bahan alami yang baru ditemukan. Senyawa lainnya, tomatidine, ditemukan dalam tomat hijau. Peneliti mengatakan bahwa kedua senyawa alami ini dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah percepatan melemahnya otot yang terjadi akibat faktor usia, seperti dilaporkan dalam Medical News Today, Kamis (10/9/2015).

Baca juga: Tampak Menyehatkan, Buah-buahan ini Justru Bikin Kembung

“Banyak dari kita tahu bahwa kelemahan otot dan atrofi adalah masalah yang umum terjadi saat seseorang menua. Nah, mengonsumsi senyawa ini diharapkan dapat mengurangi efek negatif dari pelemahan tersebut,” tutur Christopher Adams, MD, profesor kedokteran di University of Iowa Carver College of Medicine yang membantu memimpin penelitian ini.

Seperti dipublikasikan dalam Journal of Biological Chemistry, tim peneliti menyimpulkan bahwa kedua senyawa alami tersebut mampu mencegah penuaan otot. Serta membantu mengatasi kelemahan otot yang berkaitan dengan usia dan atrofi.

“Berdasarkan hasil studi, asam ursolat dan tomatidine tampaknya memiliki banyak potensi untuk menangani kelemahan otot dan atrofi akibat penuaan,” imbuh Adams.

Selain berguna bagi pasien atropi atau masalah sendi dan otot lainnya, kulit apel juga memiliki manfaat lain. Dalam penelitian Adams, berbagai senyawa fitokimia dalam kulit apel juga bisa mengurangi kadar gula dan kolesterol jahat dalam darah sehingga baik untuk jantung.

Penelitian sebelumnya juga mengungkap bahwa buah apel secara keseluruhan memang baik bagi jantung. Makan sebutir apel secara rutin tiap hari bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung hingga 20 persen.

About Hety Ira Susanti

Seorang ibu rumah tangga yang punya hobi nulis di blog :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>